WIRAUSAHA DIGITAL 4.0
halo sobat dunia kampus! jadi pada kesempatan kali ini, aku gak bakal review dulu tetapi aku akan bahas mengenai wirausaha digital atau Digital Enterpreneurship.
Prospek digital bisnis dimulai dari modal sempit untuk
meninjau atau memprediksi kedepannya
akan bagaimana, indoguna sebagai distributor pola bisnis menggunakan Food
Supply Chain Management atau manajemen rantai pasokan khusus untuk makanan.
Adanya distribution Network menjadi pembeda pola Food Supply Chain Management
dengan yang lain, prinsip kerjanya menggunakan Food Safety, Food Quality, dan
Sustainbility. Untuk mendapat daya saing yang kuat Indoguna menggunakan
Teknologi Informasi yang menerapkan prinsip next day services, Indoguna juga
menggunakan Teknologi Informasi yang handal untuk mengelola pesanan, dikarenakan
pesanan yang bisa mencapai 1500 untuk lokal maupun luar negeri seperti
Australi, Brazil, Amerika, Indiadan lainnya prodak dari Indo guna seperti
daging, kentang, keju dan lainnya untuk itu diperlukan teknologi untuk
menyimpan seperti Frozen, Chilled, dan Dry sehingga dapat mensupply ke Hotel, Restoran ketring, Retailer, Pastry, dan distributor-distributor. Selain itu Unttuk
mencapai target financial itu kita mulai dari mencara pelanggan baru dengan
cara menyebarkan brosur-brosur untuk menarik pelanggan. Setelah mencari
pelanggan, kita berusaha agar si pelanggan tersebut dapat membeli terus-menerus
atau loyal terhadap kita yaitu dengan cara memberikan bonus berupa by one get
one atau bonus-bonus lainnya. Disamping itu, kita juga perlu adanya penghematan
biaya yang kemudian produktivitas dalam penggunaan aset-aset yang kita miliki.
Untuk mencapai target financial ini, berarti kita harus memilki kepuasan
pelanggan, lalu bagaimana cara kita untuk mengejar kepuasan pelanggan? Yaitu
kita harus tahu proses internal apa yang harus dikerjakan. Supaya proses
internal ini bisa dikerjakan dengan sempurna atau seperti yang kita inginkan,
maka kita harus menyediakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Untuk
mendapatkan Sumber Daya Manusia tersebut kita dapat melakukannya dengan belajar
dan mengembangkan jiwa-jiwa Wirausaha. Jika kita ingin mendapatkan untung, kita
harus tahu bahan apa saja yang mau kita jual.
Selain
itu berbicara tentang penjualan pasti kita akan menanyakan tentang harganya
berapa, kualitasnya bagaimana, barangnya tersedia atau tidak, terdapat pilihan
apa saja, apakah barang yang kita jual itu memilki fungsi yang relevan atau
berfungsi dengan baik, kita punya kemampuan melayani seperti apa, peran
pelanggan sebagai mitra itu bagaimana, lalu juga citra yang kita miliki itu seperti
apa. Dari komponen-komponen tersebut dapat kita jadikan sebagai strategi dalam
membangun sebuah brand atau merk. Dari beberapa komponen tadi, tidak harus
semuanya ada biasanya hanya priotas utama saja atau tergantung segmen pasar itu
sendiri. Kemudian dalam suatu bisnis pasti memilki kegiatan opersional manajemennya.
Pertama, pasokan barang tersebut, misalnya daging kita impor ini dari mana.
Kedua, produksinya, missal daging itu dipotong sekilo-sekilo. Ketiga,
distribusi ke outlet-outlet sesuai permintaan customer. Keempat, resiko ketika
mendistribusikan barang. Dalam sebuah bisnis juga terdapat proses dalam melihat
pengelolaan pelanggan seperti seleksi, akuisisi, loyalitas, dan tumbuh, tumbuh
yang dimaksud ialah kita harus
mengedukasi customer, karena masih ada budaya yang berlawanan dengan jalannya
suatu bisnis. Untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan yudilisasi aset atau
kepemilikan, perlu adanya inovasi. Hal-hal yang mewujudkan inovasi. Pertama,
identifikasi peluang misal, ada bahan makanan sisa, dari sisa ini dapat
dijadikan peluang untuk dijusl kembali. Kedua, R & D (Riset dan
development). Ketiga, rancang bangun artinya merancang produk tersebut sehingga
HPPnya tidak terlalu tinggi. Keempat, setelah semua dirasa cukup dan siap
barulah diluncurkan. Untuk melaksanakan kegiatan operansional tersebut maka
diperlukan adanya, Sumber Daya Manusia yang berperan sebagai pelaku wirausahan
harus mempunyai kapabilitas dan komitmen, lalu juga ada informasi, dan
organisasi.
Tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia, hasil
penelitian dari tahun 2015 untuk masuk dunia digital ada emapat hal yang perlu
diperhatikan seperti Mobile Internet, Cloud teknologi, Permanfaatan internet of
things, lalu Big data dan advanced analytics. Tahun 2014 ada 55 juta pengguna
internet melalui peralatan mobile , setaun ini peningkatannya signifikan yaitu
menjadi 67 jutasehingga Indonesia sudah masuk ke dunia digital, tanpa adanya
Cloud teknologi kita tidak bisa mengontrol perusahaan yang tersebar banyak dan
akan sangat mahal jika membangun insfrastruktur sendiri, contoh cloud teknologi
seperti google cloud, alibaba cloud, microfost cloud dan lainnya sehingga kita
dapat menempatkan data dan program disitu. Internet of Things digunakan untuk
mengetahui track atau tracking dari pesanan yang diantar secara real time
sehingga dapat dicoontrl dari kantor pusat. Kemudian Big data dan advanced
analytics digunakan untuk memprediksi pembelian untuk mendapat keakuratan data
diperoleh. Peluang yang ada atau dimiliki oleh Indonesia seperti harga internet
di Indonesia yang murah, namun untuk kualitasnya yang kurang memuaskan. Dari
segi pengguna media sosial Indonesia termasuk tertinggi di dunia, tahun 2016
pendapatan eCommers di Indonesia berjumlah US 6 miliar dan 78% penggunaan
internet merupakan pembelian secara
online, peningkatan pengguna internet juga menjadi peluang yang sangat besar
bagi Indonesia. Propek mahasiswa untuk menjadi Digital Entrepreneur (Creating The
Future from The Future), jika mahasiswa dapat membayangkan kedepan seperti apa
sehingga mereka dapat belajar
menginvestasikan waktunya untuk mempelajari untuk masa depannya, jika
sesuatu terjadi mereka sudah siap disana maka itu akan menjadi leader. Industri-industri
yang akan berdampak dari adanya Mobile Internet, Cloud teknologi, Permanfaatan
internet of things, lalu Big data dan advanced analytics seperti pabrik modern dilengkapi sensor yang dipasang
di lini produksi dan mengirim status operasi secara onlineke bagian
pengendalian, Big data akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi, hasil,
kualitas, kondisi alat untuk pemeliharaan, sistem online pendukung manajemen
rantai pasokan, digitalisasi akan peningkatan produktifitas tambang secara
signifikan, perancanaan tambang dilakukan dengan software yang menggabungkan
pertimbangan geologi dan peralatan, toko ritel digital hampir tidak membutuhkan
SDM, augmented reality akan mengubah cara kita mencoba pakaian, pembayaran akan
dilakukan secara otomatis, cara pertanian lama hampir ditinggalkan, traktor
otonom yang dikendalikan GPS, sistem pemupukan dan penyiraman otomatis
berdasarkan sensor, ternak akan diberi geotag dengan sensor lokasi dan
kesehatan.
Ada juga beberapa kompetensi yang dibutuhkan, yaitu komunikasi. Komunikasi ini merupakan keterampilan yang penting bagi wirausaha, karena wirausaha ini perlu menjelaskan ide, promosi ke investor atau pelanggan, selain itu kunci sukses wirausahawan adalah keterampilan komunikasi baik pribadi maupun professional. Kemudian ada kecerdasan financial, lalu brand atau merk yang dibuat harus menarik perhatian customer. Martekting juga penting, agar orang lain tahu dengan produk yang kita jual, bisa dilakukan melalui iklan, online shop, dan sebagainya. Networking yaitu memperluas tali silaturahmi, makin luas tali silaturahmi yang dibangun, maka semakin kuat pula pondasi seorang wirausaha. Kemudian ada automation, dengan mempelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian agar kita tidak mengulangi hal yang sama, karena jika itu terjadi, akan mengurangi produktivitas wirausaha. Design, yaitu tampilan produk yang mana harus bagus dan dapat menarik perhatian pelanggan. Analythics, belajar menganalisis menjadi hal penting dalam mengambil keputusan berdasarkan data. Lalu juga ada Technical, yaitu dasar-dasar mengenai Teknologi Informasi harus bisa dikuasai, kita dapat mempelajarinya dengan menggunakan alat-alat bantu. Dan yang terakhir Online Learning, salah satu keterampilan penting di era digital khusus bagi para pelajar, hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.
*Artikel telah diposting di dunia kampus 4.0 - https://www.duniakampus40.net/
Mantap, jelas sekali paparanya , makasiii👍
BalasHapusKerennn banget reviewnyaa sangat jelas
BalasHapusKerennn banget reviewnyaa sangat jelas
BalasHapusArtikel yang sangat bermanfaat dan informatif, terima kasih
BalasHapusBaguus artikelnya
BalasHapusArtikelnya kece
BalasHapusSangat bermanfaat sekali artikelnya👍
BalasHapusmantap sekali, keren, terima kasih
BalasHapussangat bermanfaat artikelnya
BalasHapusArtikel yg Sangat informatif ,terimakasih
BalasHapusArtikel yang sangat bermanfaat 👍👍
BalasHapusterus posting artikel menarik lainnya.
BalasHapus