WIRAUSAHA DIGITAL 4.0

 halo sobat dunia kampus! jadi pada kesempatan kali ini, aku gak bakal review dulu tetapi aku akan bahas mengenai wirausaha digital atau Digital Enterpreneurship. 


Prospek digital bisnis dimulai dari modal sempit untuk meninjau atau memprediksi  kedepannya akan bagaimana, indoguna sebagai distributor pola bisnis menggunakan Food Supply Chain Management atau manajemen rantai pasokan khusus untuk makanan. Adanya distribution Network menjadi pembeda pola Food Supply Chain Management dengan yang lain, prinsip kerjanya menggunakan Food Safety, Food Quality, dan Sustainbility. Untuk mendapat daya saing yang kuat Indoguna menggunakan Teknologi Informasi yang menerapkan prinsip next day services, Indoguna juga menggunakan Teknologi Informasi yang  handal untuk mengelola pesanan, dikarenakan pesanan yang bisa mencapai 1500 untuk lokal maupun luar negeri seperti Australi, Brazil, Amerika, Indiadan lainnya prodak dari Indo guna seperti daging, kentang, keju dan lainnya untuk itu diperlukan teknologi untuk menyimpan seperti Frozen, Chilled, dan Dry sehingga dapat mensupply ke Hotel, Restoran ketring, Retailer, Pastry, dan distributor-distributor. Selain itu Unttuk mencapai target financial itu kita mulai dari mencara pelanggan baru dengan cara menyebarkan brosur-brosur untuk menarik pelanggan. Setelah mencari pelanggan, kita berusaha agar si pelanggan tersebut dapat membeli terus-menerus atau loyal terhadap kita yaitu dengan cara memberikan bonus berupa by one get one atau bonus-bonus lainnya. Disamping itu, kita juga perlu adanya penghematan biaya yang kemudian produktivitas dalam penggunaan aset-aset yang kita miliki. Untuk mencapai target financial ini, berarti kita harus memilki kepuasan pelanggan, lalu bagaimana cara kita untuk mengejar kepuasan pelanggan? Yaitu kita harus tahu proses internal apa yang harus dikerjakan. Supaya proses internal ini bisa dikerjakan dengan sempurna atau seperti yang kita inginkan, maka kita harus menyediakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia tersebut kita dapat melakukannya dengan belajar dan mengembangkan jiwa-jiwa Wirausaha. Jika kita ingin mendapatkan untung, kita harus tahu bahan apa saja yang mau kita jual.

Selain itu berbicara tentang penjualan pasti kita akan menanyakan tentang harganya berapa, kualitasnya bagaimana, barangnya tersedia atau tidak, terdapat pilihan apa saja, apakah barang yang kita jual itu memilki fungsi yang relevan atau berfungsi dengan baik, kita punya kemampuan melayani seperti apa, peran pelanggan sebagai mitra itu bagaimana, lalu juga citra yang kita miliki itu seperti apa. Dari komponen-komponen tersebut dapat kita jadikan sebagai strategi dalam membangun sebuah brand atau merk. Dari beberapa komponen tadi, tidak harus semuanya ada biasanya hanya priotas utama saja atau tergantung segmen pasar itu sendiri. Kemudian dalam suatu bisnis pasti memilki kegiatan opersional manajemennya. Pertama, pasokan barang tersebut, misalnya daging kita impor ini dari mana. Kedua, produksinya, missal daging itu dipotong sekilo-sekilo. Ketiga, distribusi ke outlet-outlet sesuai permintaan customer. Keempat, resiko ketika mendistribusikan barang. Dalam sebuah bisnis juga terdapat proses dalam melihat pengelolaan pelanggan seperti seleksi, akuisisi, loyalitas, dan tumbuh, tumbuh yang dimaksud  ialah kita harus mengedukasi customer, karena masih ada budaya yang berlawanan dengan jalannya suatu bisnis. Untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan yudilisasi aset atau kepemilikan, perlu adanya inovasi. Hal-hal yang mewujudkan inovasi. Pertama, identifikasi peluang misal, ada bahan makanan sisa, dari sisa ini dapat dijadikan peluang untuk dijusl kembali. Kedua, R & D (Riset dan development). Ketiga, rancang bangun artinya merancang produk tersebut sehingga HPPnya tidak terlalu tinggi. Keempat, setelah semua dirasa cukup dan siap barulah diluncurkan. Untuk melaksanakan kegiatan operansional tersebut maka diperlukan adanya, Sumber Daya Manusia yang berperan sebagai pelaku wirausahan harus mempunyai kapabilitas dan komitmen, lalu juga ada informasi, dan organisasi.

Tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia, hasil penelitian dari tahun 2015 untuk masuk dunia digital ada emapat hal yang perlu diperhatikan seperti Mobile Internet, Cloud teknologi, Permanfaatan internet of things, lalu Big data dan advanced analytics. Tahun 2014 ada 55 juta pengguna internet melalui peralatan mobile , setaun ini peningkatannya signifikan yaitu menjadi 67 jutasehingga Indonesia sudah masuk ke dunia digital, tanpa adanya Cloud teknologi kita tidak bisa mengontrol perusahaan yang tersebar banyak dan akan sangat mahal jika membangun insfrastruktur sendiri, contoh cloud teknologi seperti google cloud, alibaba cloud, microfost cloud dan lainnya sehingga kita dapat menempatkan data dan program disitu. Internet of Things digunakan untuk mengetahui track atau tracking dari pesanan yang diantar secara real time sehingga dapat dicoontrl dari kantor pusat. Kemudian Big data dan advanced analytics digunakan untuk memprediksi pembelian untuk mendapat keakuratan data diperoleh. Peluang yang ada atau dimiliki oleh Indonesia seperti harga internet di Indonesia yang murah, namun untuk kualitasnya yang kurang memuaskan. Dari segi pengguna media sosial Indonesia termasuk tertinggi di dunia, tahun 2016 pendapatan eCommers di Indonesia berjumlah US 6 miliar dan 78% penggunaan internet  merupakan pembelian secara online, peningkatan pengguna internet juga menjadi peluang yang sangat besar bagi Indonesia. Propek mahasiswa untuk menjadi Digital Entrepreneur (Creating The Future from The Future), jika mahasiswa dapat membayangkan kedepan seperti apa sehingga mereka dapat belajar  menginvestasikan waktunya untuk mempelajari untuk masa depannya, jika sesuatu terjadi mereka sudah siap disana maka itu akan menjadi leader. Industri-industri yang akan berdampak dari adanya Mobile Internet, Cloud teknologi, Permanfaatan internet of things, lalu Big data dan advanced analytics seperti  pabrik modern dilengkapi sensor yang dipasang di lini produksi dan mengirim status operasi secara onlineke bagian pengendalian, Big data akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi, hasil, kualitas, kondisi alat untuk pemeliharaan, sistem online pendukung manajemen rantai pasokan, digitalisasi akan peningkatan produktifitas tambang secara signifikan, perancanaan tambang dilakukan dengan software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan peralatan, toko ritel digital hampir tidak membutuhkan SDM, augmented reality akan mengubah cara kita mencoba pakaian, pembayaran akan dilakukan secara otomatis, cara pertanian lama hampir ditinggalkan, traktor otonom yang dikendalikan GPS, sistem pemupukan dan penyiraman otomatis berdasarkan sensor, ternak akan diberi geotag dengan sensor lokasi dan kesehatan.

Ada juga beberapa kompetensi yang dibutuhkan, yaitu komunikasi. Komunikasi ini merupakan keterampilan yang penting bagi wirausaha, karena wirausaha ini perlu menjelaskan ide, promosi ke investor atau pelanggan, selain itu kunci sukses wirausahawan adalah keterampilan komunikasi baik pribadi maupun professional. Kemudian ada kecerdasan financial, lalu brand atau merk yang dibuat harus menarik perhatian customer. Martekting juga penting, agar orang lain tahu dengan produk yang kita jual, bisa dilakukan melalui iklan, online shop, dan sebagainya. Networking yaitu memperluas tali silaturahmi, makin luas tali silaturahmi yang dibangun, maka semakin kuat pula pondasi seorang wirausaha. Kemudian ada automation, dengan mempelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian agar kita tidak mengulangi hal yang sama, karena jika itu terjadi, akan mengurangi produktivitas wirausaha. Design, yaitu tampilan produk yang mana harus bagus dan dapat menarik perhatian pelanggan. Analythics, belajar menganalisis menjadi hal penting dalam mengambil keputusan berdasarkan data. Lalu juga ada Technical, yaitu dasar-dasar mengenai Teknologi Informasi harus bisa dikuasai, kita dapat mempelajarinya dengan menggunakan alat-alat bantu. Dan yang terakhir Online Learning, salah satu keterampilan penting di era digital khusus bagi para pelajar, hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis. 

*Artikel telah diposting di dunia kampus 4.0 - https://www.duniakampus40.net/ 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

film horror nuansa komedi drama?

WIRAUSAHA DIGITAL MARKETING